ACCES POINT

1a. Acces point sebagai root mode
Root mode digunakan ketika AP digunakan sebagai penghubung ke backbone jaringan kabel dengan interfacenya (biasanya ethernet).
gambarnya menyusul pak.........

1b. Acces point sebagai repeater mode

Konfigurasi repeater mode bertujuan untuk memeperbesar coverage dari suatu AP atau melakukan coverage pada lingkungan yang cukup sulit jika hanya menggunakan satu AP saja.

Repeater mode dibuat dengan cara menambah AP baru yang berfungsi sebagai titik tengah (perantara) anatara client dengan AP lain yang terhubung ke wired LAN (root) dan terhubung langsung ke jaringan. Repeater ini menerima sinyal dari AP atau repeater lainnya,kemudian lakukan retransmit data-data tersebut.
gambarnya menyusul pak.........
1c. Acces point sebagai bridge mode

Bridge adalah relay atau interconnecting device yang digunakan untuk
menggabungkan beberapa LAN.

Fungsi bridge; Menghubungkan segmen network bersama, memfilter traffic dengan membaca packet addressnya. Menghubungkan network yang berbeda (Ethernet dan Token Ring), jika level protokol yang lebih tinggi sama atau bisa ditranslasikan.
gambarnya menyusul pak.........
2. Ada 2 cara agar tidak semua client dapat terkoneksi le acces point, dengan cara;
  • Menggunakan sistem login tiket dan
  • Melakukan blocking client wireless
Cara pertama digunakan di area hotspot berbanjar atau sistem tiket. Client yang ingin koneksi ke internet (misal laptop yang ada di WLAN) harus membeli semacam tiket yang berisi user name dan password, setelah itu baru bisa konek sesuai degan waktu yang disediakan . CAra ini mudah dan praktis kalau ingin membuat hotspot yang clientnyatidak tetap atau berubah-ubah sesuai kebutuhan.

Cara kedua yakni blocking ditingkat client. Misalnya kita membuat ISP kecil-kecilan dengan menggunakan speedy unlimited, terus disharing lewat jaringan WLAN ke client-client yang sudah terdaftar.

Teknik pengamanan AP agar bisa konek pada client tertentu;
  1. Sembunyikan SSID,
  2. Gunakan nama SSID yang acak dan panjang,
  3. Gunakan enkripsi,
  4. MACA address filter,
  5. Ubah MAC default dan
  6. Gunakan IP ststic dan range IP tertentu.



0 Response to "ACCES POINT"

Posting Komentar

The BlogCatalog Community Blog

prend

Powered By Blogger

Kolom Tutorial

promosi blog

musik asyik